my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Saturday, 8 June 2013

3 Cara Mendapatkan Backlink Paling Mudah


3 Cara Mendapatkan Backlink Paling Mudah - Tentunya anda sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan backlink. Backlink adalah kumpulan link-link menuju website kita yang terletak di website orang lain. Bila anda perhatikan, sebenarnya guna backlink ini mirip seperti rekomendasi. Jadi apabila semakin banyak link menuju website anda dari website-website lain maka semakin baik dampaknya bagi website anda, terutama dalam hal peringkat google.

Jika anda pernah membaca artikel-artikel dimanapun mengenai belajar SEO, pastinya sudah tidak asing mendengar kata-kata backlink. Memang karena backlink merupakan hal yang cukup penting dalam optimisasi sebuah website. Nah, sekarang kembali ke pokok pembahasan. Bagaimana cara mendapatkan backlink ?

Sebenarnya banyak cara mendapatkan backlink, tidak terfokus dari cara-cara tertentu. Tapi saya akan coba merangkum menjadi 3 cara yang saya rasa paling mudah untuk dilakukan dan cara ini pun yang sudah saya lakukan. Tapi ada baiknya sebelum itu kita perlu mengetahui kriteria-kriteria yang baiknya diperhatikan sebelum membangun backlink.



Hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun backlink :

1. Pastikan backlink yang anda akan dapatkan itu bersifat dofollow, bukannya nofollow.

Soal nofollow dan dofollow tidak akan saya bahas dengan spesifik, anda bisa mencari penjelasannya di google. Intinya adalah setiap website yang bersifat dofollow akan memberikan point terhadap halaman yang dirujuknya, dan untuk nofollow ya sebaliknya.

2. Dalam Membangun backlink, pastikan anda konsisten.

Sesuaikan kemampuan anda dalam mendapatkan backlink. Tidak perlu tergesa-gesa mencari 500 backlink dalam sehari jika kenyataannya anda tidak mampu untuk melakukannya secara terus-menerus. Lebih baik anda mendapatkan 50-100 backlink sehari tapi itu akan terus konsisten setiap harinya.

3. Backlink yang baik harusnya bersifat satu arah (one way)

Maksudnya satu arah disini adalah backlink yang kita dapatkan haruslah secara cuma-cuma tanpa perlu adanya balasan. Bingung ? saya contohkan seperti ini. Misal anda mendapatkan backlink dari website A, jika backlink yang anda dapatkan 1 arah. Itu berarti hanya website A yang memberikan link ke website anda, sedangkan jika 2 arah. Itu artinya anda harus juga memberikan link kembali ke website A tersebut.

Metode ini biasanya terjadi jika anda bertukaran link dengan sesama blogger, dengan metode tersebut antara kita dengan blogger lain yang bertukar link sama-sama mendapatkan backlink.

4. Usahakan 85 % dari backlink anda menuju Homepage dan sisanya menuju halaman artikel anda.

Hal ini perlu diperhatikan apalagi jika website anda terbilang masih baru. Backlink untuk homepage sangatlah penting untuk memperkuat posisi anda di indeks google. Perkuatlah pondasi-pondasi link menuju homepage anda.

Hal-hal diatas adalah dasar dalam membangun backlink yang baik. Tapi bukan berarti ini adalah hukum mati karena SEO sendiri pun tidak ada aturan tetapnya. Jadikan hal diatas sebagai referensi dalam mencari backlink.

Metode Mendapatkan Backlink

1. Berkomentar di Blog Dofollow



Metode ini yang saya letakan pertama karena saya rasa metode inilah yang paling praktis dan mudah untuk dilakukan. Banyak sekali blog dofollow dari mulai yang memakai domain gratis maupun yang berbayar sekalipun. Ataupun ada juga yang menggunakan domain .edu dan .gov. Untuk 2 domain ini saya rasa cukup spesial, kenapa ? bisa anda baca disini Apa yang Dimaksud dengan EDU Backlink ?

Yang perlu anda lakukan :
Silahkan anda lakukan pencarian di google dengan menggunakan kata kunci "Daftar Blog Dofollow Indonesia" atau bisa anda kembangkan menjadi "Daftar Blog Dofollow Indonesia 2013". Disana akan muncul situs-situs yang menyediakan daftar blog yang dofollow dan siap untuk anda jadikan tempat mendapatkan backlink.

Kelemahan menggunakan metode ini :
Mungkin banyak dari blog-blog yang masuk pada daftar tersebut yang sudah tidak lagi menjadi dofollow dan beralih menjadi nofollow dikarenakan alasan tertentu. Jadi, untuk itu anda haruslah cermat dalam mencari blog dofollow atau bisa dengan menggunakan trik tertentu. Silahkan anda kembangkan sendiri metode ini.

Caranya :
Setelah anda menemukan blog dofollow tesebut cukup baca artikel-artikel yang tersedia dan mulailah berkomentar di blog tesebut. Berkomentarlah dengan menggunakan opsi NAME/URL. Isikan kata kunci yang ingin anda optimisasikan di bagian NAME dan alamat url dari halaman yang dituju dikolom URL.



Harap diingat, bila anda berkomentar hanya semata-mata untuk mencari backlink dan komentar anda tidak sesuai dengan isi artikel tersebut. Bukan tidak mungkin komentar anda akan dihapus oleh pemilik blog dan itu artinya usaha anda akan sia-sia. Jadi, berkomentarlah dengan bijak, karena dengan itu anda juga akan mendapatkan feedback yang setimpal.

2. Mendapatkan backlink dari Forum Dofollow


Selain blog dofollow, mencari backlink dari forum dofollow pun tidak ada ruginya. Mungkin bagi anda yang senang berinteraksi dengan orang-orang dengan topik tertentu nah ini cara yang paling tepat.

Yang perlu anda lakukan :
Mendaftar menjadi member forum tersebut dan mulailah membuat thread atau artikel yang berkaitan dengan pembahasan situs anda. Didalam postingan tersebut, letakanlah link menuju situs anda (tentunya link dengan kata kunci). Selain itu anda juga bisa berkomentar di atikel atau thread orang lain dan meninggalkan jejak atau link ke situs anda.

Kelemahan metode ini :
Tidak semudah kelihatannya, bila anda berada di dalam forum dengan tema spesifik biasanya member-member lain akan mengawasi setiap pergolakan di forum tersebut. Jadi anda haruslah menguasai materi untuk dapat melakukan cara diatas, tidak bisa asal meletakan link. Bisa-bisa anda menjadi bahan caci-maki dari member yang lain.

Untuk forum-forum dofollow tesebut anda bisa melakukan riset sendiri, tapi biasanya saya menggunakan www.kompasiana.com .

3. Submit artikel anda ke situs social bookmark dofollow



Social bookmark adalah situs dimana anda bisa memposting artikel dari blog./situs anda untuk tampil disana. Tentunya hal yang cukup baik karena bisa saja dalam pencarian google peringkat artikel anda yang ada di social bookmark lebih tinggi daripada langsung dari blog/situs anda.

Yang perlu anda lakukan :
Mendaftar sebagai member di situs social bookmark, setelah itu submit artikel anda dengan memperhatikan 2 hal berikut :

1. Buatlah judul yang benar-benar menarik sehingga mengundang orang untuk mengklik dan masuk membaca artikel anda. Tapi ingat, sebelum anda mensubmit artikel anda ke situs social bookmark, artikel anda haruslah terindeks terlebih dahulu di google. Bila tidak, bisa-bisa artikel yang berada di blog anda dibilang duplikat konten oleh google.

2. Setelah buat judul, isikan deskripsi singkat dari konten yang akan anda submit. Bila judul konten anda memang menarik dan memang lagi hot trend saat ini, bukannya tidak mungkin bila dari social bookmark tersebut bisa menyumbang 10-25% pengunjung ke situs anda.

Bila anda tertarik dengan metode ini, saya rekomendasikan beberapa situs social bookmark dibawah ini.
http://infogue.com/
http://debuk.com/
http://populerkan.com/
http://www.lintas.me/

Kelemahan metode ini :
Bila dibandingkan kedua metode di atas, metode ketiga ini tidak terlalu banyak kelemahan. Mungkin kelemahan hanya karena masih sedikit situs social bookmark yang bersifat dofollow dan langkah-langkah yang sedikit sulit dalam melakukan submit artikel.

Setelah mengetahui 3 Cara Mendapatkan Backlink Paling Mudah sekarang semua tinggal bagaimana anda melakukannya, tapi harap diingat. Mencari backlink tidak terbatas hanya dengan cara-cara tertentu. Anda bisa mengembangkan gaya anda sendiri dalam mencari backlink. Asalkan yang masih dalam batas normal dan tidak ilegal. Baiklah saya rasa cukup, semoga bermanfaat untuk kawan semua dalam berblogging ria.

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook