Apa itu Alexa Rank ?

Apa itu Alexa Rank ?

Anda seorang Blogger atau seorangWebmaster ? Mungkin beberapa dari anda sering mendengar kata Alexa Rank. Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan Alexa Rank ? Alexa Rank adalah sebuah alat milik Alexa Internet Inc sebagai penyedia informasi mengenai website di seluruh dunia. Guna Alexa Rank sendiri adalah untuk menganalisa traffic atau pages view dari setiap pengunjung yang telah memasang Alexa Toolbar di browsernya masing-masing.

Lalu bagaimana cara kerjanya ? 

Alexa memberikan peringkat terhadap sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unuk website tersebut. Semakin banyak pengunjung yang datang di website anda maka semakin kecil juga peringkat Alexa anda. 

Apa itu Alexa Rank ?Alexa menghitung traffic sebuah website berdasarkan Alexa Toolbar yang terinstal di setiap web browser. Jadi Alexa akan menghitung anda sebagai pengunjung apabila anda membuka sebuah situs menggunakan Alexa Toolbar. Alexa.com,sebagai situs resmi dari Alexa mengupdate ranking setiap 3 bulan sekali. Dan Alexa Rank hanya memberikan peringkat pada Top Level Pages atau halaman utama dari website anda.

Pertanyaannya adalah apakah peringkat Alexa bisa menjadi indikator jumlah pengunjung website anda ? Bisa  dibilang iya, tapi bisa dibilang juga tidak. Mengapa demikian ? Disini saya akan buat perumpamaanya.
  • Misalkan ada 500 orang yang mengunjungi website anda setiap harinya, namun dari 500 pengunjung tersebut hanya 200 orang yang menginstal Alexa Toolbar di web browser mereka. Maka Alexa akan menghitung jumlah pengunjung anda adalah 200 orang perhari.
Meskipun demikian, banyak advertiser yang melihat Alexa Rank dari sebuah situs untuk bahan pertimbangan dalam melakukan pemasangan iklan. Nah bila begitu tidak ada salahnya mungkin tidak ada salahnya bila anda sebagai Blogger atau Webmaster ikut memasang Alexa Toolbar pada web browser anda guna untuk meningkatkan Alexa Rank dari situs anda.

Baiklah, saya rasa cukup jelas pembahasan saya kali ini mengenai Apa itu Alexa Rank ?. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan jangan lupa nantikan update saya selanjutnya. 

TAMU