my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Saturday, 8 June 2013

Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ?


Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ? - Memiliki banyak pengunjung tentunya menjadi impian tiap blogger, baik itu blogger yang ngeblog hanya untuk sekedar berbagi maupun yang ngeblog untuk menghasilkan uang dari blog. Saya rasa tingkat keberhasilan blog dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung blog tersebut. Oleh karena itu sengaja saya buat artikel ini sekaligus untuk berbagi pengalaman dan pendapat saya disini.

Setiap orang yang berkunjung ke blog anda pastinya berasal dari sumber tertentu, ada yang melalui mesin pencari, jejaring sosial, iklan yang anda pasang dan masih banyak lainnya. Untuk itu saya akan coba jelaskan  4 sumber pengunjung dan bagaimana cara mendapatkannya
Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ?

4 Sumber Pengunjung dan Cara Mendapatkannya

1. Pengunjung yang Berasal Dari Mesin Pencari (Google, Yahoo, Bing)

Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ?

Perlu anda ketahui jumlah pengunjung yang datang dari mesin pencari bisa dibilang sangat besar. Karena sebab itu juga banyak orang berbondong-bondong mempelajari teknik untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung dari situs mesin pencari. Teknik tersebut disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) yang terdiri dari 2  hal penting yaitu Onpage Optimzation dan Offpage Optimization.
  • Onpage Optimization
Melakukan optimisasi onpage ini wajib hukumnya. Tujuan kita melakukan ini adalah untuk membuat blog kita dapat dikenali dan diindeks dengan mudah oleh robot mesin pencari. Tapi perlu diingat, setelah anda melakukan langkah ini belum tentu anda menjadi juara 1 di mesin pencari. Anda haruslah melakukan Optimisasi Offpage juga untuk membuat anda menjadi nomor 1. 

Lalu bagaimana caranya agar optimisasi onpage ini dapat berjalan di blog anda. Coba saja ikuti saran dari saya :
  1. Pastikan Template yang anda gunakan itu SEO Friendly. Gunanya template yang SEO Friendly disini agar memudahkan robot mesin pencari mengenali struktur blog anda.
  2. Pasang Title tag dan Meta Description di setiap halaman blog anda. Pastikan juga kedua hal tersebut tidak ada yang sama atau duplikat.
  3. Pasang widget-widget penting seperti Arsip blog, Popular post, dan juga Label sehingga dengan demikian bisa membagi point-point pagerank anda nantinya.
  4. Daftarkan blog anda ke Google Webmaster, Google Analytic, dan Submit Sitemap anda ke Google Webmaster.
  5. Pastikan setiap gambar yang ada di blog anda memiliki ALT tag.
Jika anda sudah melakukan tahap-tahap di atas sekarang blog anda sudah berada di jalur lintasan yang tepat. Sekarang hanya tinggal memberikan tambahan agar blog anda dapat menjadi juara 1 dengan melakukan otimisasi Offpage.
  • Offpage Optimization
Tujuan sebenarnya dari langkah ini adalah untuk membuat blog anda semakin terlihat berotoritas dimata mesin pencari. Langkah ini bisa dibilang yang paling merepotkan. Berbeda dengan langkah onpage yang hanya perlu anda lakukan sekali, untuk hal ini anda harus melakukannya secara berkesinambungan. 

Hal yang paling sering dilakukan dalam langkah ini adalah dengan cara mencari backlink untuk blog anda. Tentunya backlink masih memegang porsi yang tinggi dalam keberhasilan SEO anda. Untuk itu anda harus baca disini Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink.

Tidak cukup membaca pembahasan di atas, anda juga harus mencari sumber referensi dari blog lain. Coba saja ketikan Belajar SEO Pemula di google untuk mendapatkan banyak artikel yang berhubungan dengan belajar SEO untuk pemula.

2. Pengunjung yang Berasal Dari Social Media

Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ?
Selain dari mesin pencari ternyata Social Media seperti Facebook, Twitter, dan Google + pun bisa memberikan trafik kepada blog kita. Promosikan blog atau artikel anda di jejaring sosial tersebut. Tapi sebelum itu pastinya anda harus memiliki banyak teman, followers, maupun lingkaran terlebih dahulu untuk menunjang itu semua. Misal saja : Anda memiliki 5000 orang teman di salah satu jejaring sosial jika 1 dari 10 orang mengklik artikel yang anda posting maka itu artinya anda mendapatkan 500 kunjungan perhari dari situs tersebut.

Namun sekali lagi, semuanya tidak segampang perkiraan di atas. Untuk mendapatkan 5000 teman bukanlah perkara mudah. Terlebih belum tentu persentase klik 1 banding 10.. Bisa saja 1 banding 20 ataupun 1 banding 30. Itupun tergantung dari artikel yang anda buat menarik atau tidak ? 

3. Pengunjung Dari Social Bookmarking 

Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ?
Social bookmarking adalah situs dimana anda bisa mensubmit artikel dari blog anda agar dapat tampil disana. Dengan demikian anda dapat mendapatkan trafik dari artikel yang anda submit. Kenapa demikian ? Jika blog anda masih terbilang baru, bisa saja pada saat pencarian di mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Artikel anda yang sudah anda submit di social bookmarking memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan artikel asli anda yang ada di blog anda. 

4. Pengunjung Dari Sesama Blogger

Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ?
Mendapatkan pengunjung dari sesama blogger ini juga perlu diperhatikan. Selain ketiga cara di atas, cara ini yang paling mudah dilakukan dan harus anda lakukan ketika pertama membuat blog. Hal ini disebut dengan blogwalking yaitu mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar. Gunanya agar si pemilik blog tadi juga balik mengunjungi blog anda. Selain itu hal ini juga bisa mempererat hubungan antar blogger dan meningkatkan silaturahmi. 

Semua langkah di atas adalah bukan lagi menjadi rahasia umum untuk meningkatkan pengunjung blog anda. Banyak orang yang mengerti cara-cara ini tapi tidak semua yang dapat berhasil melakukannya. Pada akhirnya kualitas manusia itu sendiri yang menetukan berhasil atau tidaknya sebuah blog.

Saya harap artikel Bagaimana Agar Blog Banyak Pengunjung ? dapat bermanfaat bagi anda..

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook