Fisika Getaran

Fisika Getaran

 Getaran adalah gerak bolak-balik suatu benda secara periodik melalui titik setimbangnya. 

Amplitudo.
Satu getaran merupakan gerak benda kembali ke suatu titik yang dipakai sebagai titik awal gerakan. Dalam hal ini, titik A dipakai sebagai titik awal gerakan.
Jarak mistar yang digetarkan dari titik setimbangnya disebut dengan simpangan. Sedangkan jarak antara B-A dan B-C adalah jarak simpangan terbesar yang dikenal dengan amplitudo. Jadi,amplitudo getaran adalah simpangan terbesar dari titik setimbang.




Frekuensi.
Gerakan setiap getaran tentu mempunyai kecepatan yang berbeda, misalnya ada gerakan yang melakukan getaran 50 kali dalam waktu 1 detik (sekon). Angka yang menyatakan banyaknya getaran setiap detikdisebut frekuensi. Jadi, frekuensi getaran adalah banyaknya getaran yang dilakukan oleh benda dalam setiap detik (sekon). Frekuensi suatu getaran mempunyai satuan "getaran/sekon". Satuan ini diberi nama lain Hertz yang disingkat Hz. Besar frekuensi getar dapat ditentukan dengan rumus:
f = n/t, dengan n=banyaknya getaran, dan t= waktu melakukan getaran (s). Ingat, satuan frekuensi adalah Hertz (Hz). Berikut ini adalah konversi satuan Hertz.
1 KHz = 103 Hz
1 MHz = 10
3 KHz = 106 Hz
1 GHz = 10
3 MHz = 106 KHz = 109 Hz 

Periode.
Periode adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran. Jadi, jika frekuensi suatu getaran50 Hz, setiap getarannya membutuhkan 1/50 sekon. 1/50 Sekon inilah periodenya.
Dengan demikian, jika periode kita beri lambang T dan frekuensi kita beri lambang f, maka dapat dituliskan:










Referensi = Buku Bilingual Fisika + Ebook IPA Kelas 8 SMP.

TAMU