my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Thursday, 6 June 2013

MEMBUAT SLIDER IMAGE OTOMATIS

Tutorial ini menjawab pertanyaan dari teman debbie irlando manurung alias Zondim, meminta untuk dibuatkan tutorial slider yang ada di Johny Ganteng Banget. Template yang dipakai di blog itu nantinya juga akan saya share, cuma sekarang lagi massa sibuk nguli jadi nanti aja kalau sudah luang waktunya. Ada beberapa template yang nantinya akan saya share tapi kali ini saya buat sederhana, dengan sedikit menggunakan javascript, ya yang pasti lebih enteng dari biasanya. Oke kembali ke tutorial yang akan saya buat, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat slider image otomatis sederhana yang akan menampilkan postingan terbaru Anda.

image slider otomatis


Slider ini hanya memakai innerfade jquery dan cycle jquery plugin untuk melembutkan perpindahan content slider (bener nggak ya...?), pengertian Innerfade jquery kira-kira seperti ini :
InnerFade is a small plugin for the jQuery-JavaScript-Library. It's designed to fade you any element inside a container in and out.

These elements could be anything you want, e.g. images, list-items, divs. Simply produce your own slideshow for your portfolio or advertisings. Create a newsticker or do an animation.
Wah malah bingung sendiri saya mas/mbak maklum Inggris saya dapat 6 dulu waktu sekolah, langsung saja pada cara pembuatannya :
  1. Login ke blogger dengan akun Anda
  2. Setelah itu pilih blog yang ingin anda tambahkan slider ini.
  3. Masuk ke template >> Edit HTML, kemudian centang expand widget templates
  4. Untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam pengeditan nantinya, sebaiknya backup dulu template anda.
  5. Setelah semua langkah diatas anda lakukan, letakkan kode berikut ini diatas kode ]]></b:skin> :
    Perhatikan kode warna biru diatas, itu adalah lebar dan tinggi slider pada demo yang saya buat, silahkan Anda sesuaikan dengan ukuran template Anda.
  6. Langkah selanjutnya masih pada posisi Edit HTML, masukkan kode berikut ini diatas kode</head> :
    Keterangan :
    Perhatikan URL script warna merah diatas, itu adalah kode script jQuery.min.js seri terbaru yang saya gunakan untuk membuat slider ini. Jika pada template Anda sudah terdapat jQuery.min.js walaupun serinya berbeda, kode warna merah diatas tidak perlu lagi Anda masukkan. Cukup satu jQuery.min.js yang ada di template, terserah mau seri berapa, kalau bisa versi yang terbaru.
    Kode warna biru : 7 adalah jumlah slider yang ditampilkan. Sedangkan angka 340 dan 212adalah panjang dan lebar image yang ada di slider.
  7. Langkah selanjutnya adalah memanggil slider tersebut agar muncul di blog kita. Cari kode <div id='main-wrapper'>, kemudian letakkan kode berikut ini dibawahnya :
    Jika Anda ingin menampilkan slider per kategori atau label tinggal ditambahkan saja kode diatas :
    /feeds/posts/default?max-results
    Menjadi :
    /feeds/posts/default/-/your label?max-results
    Silahkan ganti "your label" dengan kategori yang ingin Anda tampilkan pada slider.
  8. Terakhir, save templates dan lihat hasilnya. 
Itu tadi tutorial membuat Slider image otomatis joss banget yang ada pada Johny Ganteng Banget, jika masih kurang jelas silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar. Selamat sahur dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook