my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Tuesday, 18 June 2013

Mengenal Bangun Datar Lingkaran

1.      Pengertian Lingkaran dan Bidang Lingkaran
Lingkaran adalah himpunan semua titik di sebuah bidang datar memiliki jarak yang sama dari suatu titik tetap pada bidang tersebut. Titik tetap pada bidang itu disebut dengan titik pusat lingkaran. Adapun jarak yang sama dari satu titik ke titik yang lain disebut dengan jari-jari lingkaran. Bidang lingkaran adalah daerah yang dibatasi dengan lingkaran. Tentu saja berbeda antara lingkaran dan bidang lingkaran. Dengan benang kita dapat mengkontekstualkan lingkaran sedangkan dengan tripleks atau karton dapat mengkontekstualkan bidang lingkaran.
Perhatikan Gambar dibawah ini!
Lingkaran dan bidang lingkaran
2.    Unsur-unsur Lingkaran ebuah lingkaran dengan titik pusat di-O

(perhatikan gambar!) mempunyai unsure-unsur sebagai berikut:
  1. Titik O merupakan titik pusat
  2. OA = OB = OC disebut dengan jari-jarilingkaran atau radius. Jari-jari lingkaran dilambangkan dengan r (radius)
Lingkaran yang berpusat di titik O dan memiliki jari-jari r maka dapat dituliskan dengan ( O,r )
  1. Tali busur adalah garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Pada gambar, ruas garis AC,BC dan DE merupakan tali busur.
 

unsur-unsur lingkaran
Tali busur yang melalui titik pusat lingkaran disebut dengandiameter atau garis tengah lingkaran. Pada gambar diatas ruas garis AC merupakan diameter lingkaran. Diameter lingkaran dilambangkan dengan ‘d’ hubungan antara jari-jari dengan diameter lingkaran adalah d = 2r
d. Apotema adalah ruas garis yang ditarik dari titik pusat lingkaran tegak lurus   pada sebuah tali busur. Apotema juga bisa disebut dengan jarak titik pusat lingkaran dengan tali busur tertentu. Pada gambar ruas garis OF merupakan apotema.
e. Busur adalah bagian dari keliling lingkaran dan dilambangkan dengan garis lengkung. Busur yang kurang dari setengah keliling lingkaran disebut dengan busur kecil. Sedangkan busur yang lebih dari setengah lingkaran disebut dengan busur besar.

Busur besar & Busur kecil

1.      Bagian-bagian Lingkaran
Bagian Lingkaran dapat dibagi menjadi dua yaitu : juring atau sektor dan tembereng
a.      Juring atau sektor
Adalah daerah didalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan busur lingkaran dihadapan sebuah sudut pusat yang dibentuk dua jari-jari tersebut. Juring dengan sudut pusat kurang dari 1800 dinamakan dengan juring kecil. Sedangkan juring dengan sudut pusat lebih dari 1800dinamakan juring besar.


Juring besar & Juring Kecil

 
Ket:
Apabila tidak ada keterangan, yang dimaksud dengan juring AOB adalah Juring kecil AOB
 
b.      Tembereng
Adalah daerah yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busurnya. Tembereng dengan sudut pusat kurang dari 1800 maka disebut dengantembereng kecil dan tembereng dengan sudut pusat lebih dari 1800 disebut dengan tembereng besar.

Sumber : http://matematikayess.blogspot.com

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook