my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Saturday, 8 June 2013

Tips Cara Menghemat Baterai Laptop


Tips Cara Menghemat Baterai Laptop -Semakin hari pengguna komputer jinjing/laptop semakin bertambah saja. Tidak perlu heran, aktifitas serta gaya hidup jaman sekarang yang menuntut semua perangkat harus bisa mobile dan diakses dimana-mana menjadi faktor utamanya. Namun sayangnya perangkat mobile seperti laptop memerlukan daya yang berasal dari baterai dan hanya bisa bertahan kurang lebih sekitar 2-3 jam. Apakah waktu itu sudah cukup bagi anda yang memiliki banyak aktifitas menggunakan laptop ?


Saya merasa bahwa waktu 2-3 jam itu tidak cukup untuk anda. Maka dari itu, kita peru melakukan penghematan dalam menggunakan baterai. Mungkin ada beberapa dari anda yang belum mengetahui cara-cara ini. Berikut adalah tips-tips cara menghemat baterai laptop :

Tips Cara Menghemat Baterai Laptop

1. Non-Aktifkan Perangkat yang Tidak Terpakai

Ini adalah hal yang sering sekali dilupakan oleh banyak pengguna laptop. Perangkat-perangkat seperti Wi-Fi, Bluetooth, ataupun Flashdisk yang terpasang di laptop anda sebaiknya anda gunakan secara maksimal. Maksimal disini maksudnya adalah dengan menggunakan seperlunya dan bila tidak digunakan sebaiknya segera dimatikan. 

Karena semua perangkat tersebut menggunakan  daya yang berasal dari baterai. Jadi dengan memaksimalkan penggunaan perangkat tersebut maka anda sudah menghemat baterai laptop walaupun jumlahnya sedikit.

2. Atur Kecerahan Layar Laptop

Display pada layar adalah termasuk bagian yang cukup banyak memerlukan daya baterai laptop selain processor, hardisk, ram dan beberapa komponen laptop lainnya. Saya rasa dengan mengurangi kecerahan layar laptop anda ke tingkat minimun dapat menghemat daya baterai cukup banyak. 

Silahkan buka CONTROL PANEL anda lalu pilih HARDWARE & SOUND, pada bagian POWER OPTION pilih ADJUST SCREEN BRIGTHNESS dan atur tingkat kecerahan hingga ke level terendah.

3. Matikan Layar Laptop Ketika Tidak Dipakai

Seperti yang saya bilang bahwa display layar merupakan salah satu bagian yang memerlukan banyak penggunaan daya. Oleh karena itu, perlu rasanya anda mematikan layar laptop anda ketika sedang tidak digunakan. 

Masih pada bagian CONTROL PANEL yang tadi, pilih EDIT PLAN SETTINGS dan silahkan anda atur disana kapan layar akan mati ketika laptop sedang dalam keadaan IDDLE.

4. Hindari Laptop Dari Debu yang Menumpuk

Hal ini terdengar aneh bukan ? Apa hubungannya antara debu yang menumpuk dengan menghemat baterai laptop. Percaya atau tidak, debu yang menumpuk pada laptop khususnya pada bagian saluran udara akan membuat sirkulasi udara menjadi terhambat.

Dengan begitu, suhu laptop akan menjadi lebih panas dari biasanya. Karena panas yang berlebih itu maka kipas laptop akan bekerja ekstra untuk menetralisir keadaan tersebut. Penggunaan kipas secara ekstra pun tentunya memerlukan daya baterai juga. 

Saran dari saya adalah bersihkan laptop anda dari debu minimal 1 minggu sekali secara rutin. Karena selain itu, laptop yang bersih juga menjadi nilai lebih tersendiri untuk anda.

5. Sering-sering Defragment Harddisk Anda

Kenapa harus defragment ? Kita tahu bahwa defragment harddisk berguna untuk menyusun data-data yang ada pada harddisk agar tersusun secara rapi. Lalu kenapa ini diperlukan ?

Dengan melakukan hal tersebut itu sama saja kita membantu mempercepat kinerja harddisk pada saat membuka data. Akibatnya kita dapat menghemat daya baterai dengan hal ini.

5 Tips di atas merupakan tips yang sudah saya coba sendiri dan memang betul saya rasakan manfaatnya. Jadi, saya sarankan bagi anda yang memiliki banyak aktifitas menggunakan laptop untuk menerapkan tips tersebut. Baiklah, demikian artikel Tips Cara Menghemat Baterai Laptop saya sampaikan. Semoga bermanfaat !

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook