Volume Limas Dan Pembuktiannya

Volume Limas Dan Pembuktiannya





Artikel kali ini akan membahas seputar limas dan khususnya volumenya (beserta pembuktiannya).

Limas adalah salah satu bangun ruang yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, seperti pada atap rumah kita, bangunan piramida, dan lain-lain. Bentuk limas juga beragam, ada liamas segitiga, limas segiempat, limas segilima, limas segienam, dsb.

Jumlah sisi limas juga beragam, bergantung pada bentuk limasnya, apakah segitiga, segiempat, segilima, atau segienam. Tetapi yang pasti cara untuk mencari jumlah sisi limas ini adalah

dimana n adalah jumlah sisi alas.

Nah, sekarang kita menginjak ke bahasan utama kita, yakni cara mencari volume limas beserta pembuktiannya.


Pada gambar diatas, terdapat 6 limas segiempat yang kongruen (ukuran sama dan sebangun), yakni limas T.ABCD, T.EFGH, T.ABFE, T.CDHG, T.ADHE, dan limas T.BCFG.

Volume limas

Tidak percaya? Ini dia pembuktiannya.

Jika panjang EA (rusuk kubus) adalah a, maka panjang A'B' adalah 1/2 a atau setengah panjang rusuk kubus. Sehingga volume kubus = a3 (a pangkat 3).

Menentukan volume limas:

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa 1/2 a dapat berubah menjadi tinggi limas. Coba lihat gambar kubus ABCD.EFGH diatas, A'B' adalah tinggi limas = 1/2 AE yang merupakan rusuk kubus. Tinggi limas itu adalah 1/2 rusuk kubus.


Contoh soal:
  1. Sebuah limas mempunyai rusuk alas dengan bentuk persegi dengan rusuk alas 6 cm. Hitung volume limas jika tingginya 15 cm.
    Jawab.
    V=1/3 x luas alas x tinggi
    V= 1/3 x 6 x 6 x 15
    V= 180 cm^3 (centimeter kubik)
  2. Sebuah limas mempunyai volume 60 cm^3, limas itu berbentuk segitiga dengan ukuran alas dan tingginya 4cm dan 6cm. Berapakah tinggi limas itu?
    V =1/3 x luas alas x tinggi
    60=1/3 x 1/2 x 4 x 6 x t
    60=4t
    4t=60
    t  =60/4
    t  =15cm
Saya juga menyediakan latihan soal dalam bentuk pdf dan dapat anda download disini. Sekian dulu pembahasan mengenai volume limas. Oiya, jangan lewatkan juga postingan unik dan menarik lainnya seputar pendidikan. Terimakasih.

TAMU