my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Thursday, 15 August 2013

Mengecek Kondisi Kipas pada Komputer


 Kipas, adalah salah satu kelengkapan pada komputer. Fungsi kipas sebenarnya sangat sederhana, yaitu membuang hawa panas dari chipset dan komponen-komponen komputer lainnya. Meski demikian, kerusakan atau tidak berfungsinya kipas pada komputer bisa menyebabkan kerusakan yang fatal pada komputer anda. Artikel ini akan mengarahkan betapa pentinyanyaMengecek Kondisi Kipas pada Komputer.




Ada dua buah kipas utama yang harus berjalan baik di komputer, yaitu:

1. Kipas processor, yang berfungsi membuang hawa panas yang diserap oleh heat sink dari processor.
2. Kipas power supply, yang fungsinya membuang hawa panas terhadap komponen-komponen yang terdapat di power supply.

Selain kedua kipas utama tersebut, terdapat kipas tambahan yang berfungsi sebagai pendukung kipas processor yaitu kipas casing dan kipas harddisk. Kipas ini tidak terlalu urgent fungsinya, sehingga tanpa kipas ini komputer akan tetap berjalan. Tapi penambahan kipas ini tentunya akan sangat membantu kinerja komputer.

Akibat yang ditimbulkan bila kipas rusak

Pada kipas processor, tentu saja ini akan berakibat fatal. Sebab komputer tentu tidak akan bisa loading. Dan permasalahan terkecil adalah komputer akan terus melakukan restart atau mati mendadak. Terkadang, komputer tidak bisa di hidupkan kembali. Hingga butuh beberapa saat sampai processor dingin baru komputer bisa dihidupkan. Dan kejadian restart atau mati mendadak akan terjadi kembali.

Pada processor dan motherboard tertentu, yang dilengkapi dengan sensor panas maka komputer akan mati dengan sendirinya pada derajat panas tertentu. Sehingga bisa dibilang processor akan aman. Tapi pada processor dan motherboard tertentu yang tidak dilengkapi dengan sensor panas, maka kerusakan pada kipas akan mengakibatkan jebolnya processor dan motherboard.

Kerusakan juga terjadi pada program Windows anda. Sehingga pada beberapa kasus, file system yang terdapat di Windows rusak hingga untuk melakukan perbaikannya anda harus melakukan instalasi ulang.

Pada kipas power supply, hal yang sama juga terjadi. Komputer sering restart karena hawa panas yang terdapat pada power supply. Bila di diamkan terus menerus, maka akan mengakibatkan matinya power supply. Terkadang, bisa menyebabkan rusaknya Motherboard dan Harddisk.

Lakukan pemeriksaan pada kipas secara berkala adalah hal penting

Yang mengakibatkan kipas tidak berfungsi baik pada umumnya adalah banyaknya kotoran atau debu yang terdapat pada kipas. Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh terhambatnya kipas bekerja akibat terganjal kabel atau sebab lain.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan pada kipas secara berkala. Pertama, pastikan kipas anda sesuai dengan standar yang berlaku. Untuk hal ini, pastikan kipas processor yang anda pakai adalah kipas orisinil dari produsen processor. Pastikan juga pemasangan Kipas dan Heatsink komputer anda benar-benar telah pas. Pemasangan heatsink + fan yang kendor akan berakibat fatal.

Kedua, pastikan kipas anda berjalan sebagaimana mestinya. Periksa kabel-kabel dan hal-hal lain yang mungkin menyumbat kinerja kipas.

Ketiga, periksa apakah kipas anda bekerja dengan melihat langsung pada putaran kipas. Pada power supply, rasakan putaran kipas dengan tangan anda dari belakang power supply.

Lakukan pembersihan pada kipas yang berdebu dengan kuas kecil untuk menghilangkan debu. Pada kipas yang sudah mulai lamban bekerjanya, bisa anda semprotkan contact cleaner pada as (sumbu) kipas.

Sekian Penjelasan Pentingnya Mengecek Kondisi Kipas pada Komputer semoga bermanfaat. Yang terpenting selalu sigap melihat gejala-gejala pada komputer dan cek secara berkala.

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook