my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Sunday, 1 September 2013

Google Jatuh Cinta Pada Blog Kita Bagian 2

Cara agar google jatuh cinta pada blog kita bagian 2

Membahas tentang cinta sang google itu kayaknya tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada hal yang bisa dibahas untuk merebut cinta dari search engine nomor satu di dunia ini. Beberapa hari lalu saya sudah membahas beberapa Cara Agar Google Jatuh Cinta Pada Blog Kita. Tapi karena keterbatasan waktu, artikel itu belum saya buat sampai tuntas. Nah mumpung saya ada kesempatan yuk kita lanjutkan pembahasannya. Oke ini dia beberapa tips membuat google jatuh cinta pada blog kita yang lain.
1. Beri Tiap Artikel atau Postingan Keywords yang Spesifik
Keywords atau kata kunci adalah satu kata atau serangkaian kata yang kita inginkan sebagai perlambang dari artikel kita. Jadi keywords ini akan menjadi acuan atau cara dari user atau pengguna internet untuk menemukan artikel kita. Saya disini berbicara soal artikel bukan blog, karena sebagian besar user internet hanya peduli akan artikel yang mereka cari tanpa peduli akan sumbernya, kecuali bagi kita yang bergelut sebagai blogger. Saat para user tersebut menemukan banyak artikel menarik di blog kita, barulah mereka akan mengingat atau memberikan bookmark terhadap blog kita. 
Lantas bagaimana membuat keywords yang baik?? Untuk yang satu ini saya tidak bisa memberi jawaban yang pasti, tapi saya akan memberikan sedikit tips yang pernah saya coba. Pertama buat blog ada punya keywords yang fleksibel, jadi keywords tiap artikel atau url blog anda berbeda-beda. Untuk cara membuatnya tidak bisa saya jelaskan di sini, silahkan saja anda cari di google atau mungkin suatu saat nanti akan saya bahas. Kedua ulang-ulangilah keywords yang anda inginkan pada bagian awal artikel anda, contohnya di artikel ini, anda bisa melihat saya terus mengulang kata google dan jatuh cinta, karena kata-kata itulah yang saya harap jadi keywords dari artikel ini.
2. Perkuat Keywords Artikel dengan Gambar atau Video
Lah bagaimana mungkin gambar dan video bisa memperkuat keywords?? Sebelumnya memberi penjelasan saya harus minta maaf, untuk kasus video saya tidak pernah mencoba secara langsung, jadi saya berasumsi keadaannya sama dengan gambar. Bukannya saya tidak mau mencoba sendiri, tapi tidak satupun artikel saya yang bisa saya dapatkan video yang sesuai. Jadi mohon maaf jika ternyata trik ini nantinya tidak bisa diterapkan pada video.
Begini penjelasannya, saat kita melakukan search terhadap sebuah keywords, biasanya google juga akan menampilkan gambar dan video yang berkaitan. Jika gambar dan video itu kita berikan keywords yang sama dengan artikel kita, maka bisa dipastikan hal ini akan meningkatkan density dari keywords kita. Atau, kalaupun artikel kita tidak muncul pada halaman depan, gambar atau video yang kita masukkan kita harapkan bisa berada di halaman depan pencarian google. Dan karena gambar dan video lebih menarik secara visual, diharapkan gambar dan video ini bisa menjadi pemicu user menuju artikel kita.
Lantas bagaimana menaruh keyword pada gambar dan video pada blog kita?? Gunakan fungsi alt dan tittle. Cara meletakkannya melalui tab HTML ketika kita membuat artikel. Masukkan keywords atau judul artikel pada bagian alt dan tittle ini.

Untuk contoh silahkan search di google dengan keywords tempat-tempat terbaru di dunia. Dalam hasil pencarian anda tidak akan menemukan artikel dari blog ini (saya sendiri masih bingung kenapa bisa tidak muncul hehehe...). Tapi pada bagian gambar anda akan melihat beberapa gambar dari artikel saya terpampang di sana, dan alhamdulillah beberapa visitor datang dari link gambar ini.

3. Membuat Internal Link

Internal link adalah link dari satu artikel terhadap artikel lain yang berkaitan di dalam blog kita. Dengan pembuatan internal link maka blog kita akan terlihat lebih terformat dan membantu google saat mengindeks isi blog kita. Selain itu pemberian internal link akan memudahkan pembaca menemukan artikel lain yang berhubungan dengan artikel yang saat itu sedang dibacanya.

Tapi berhati-hatilah dalam membuat internal link, tautkan hanya artikel-artikel yang saling berhubungan. Selain itu jangan membombardir artikel dengan begitu banyak internal link. Cukup sertakan satu atau dua saja. Contohnya tuh link dari artikel saya sebelumnya yang nongol di bagian awal artikel ini. Oh ya cara ini juga cukup efektif dalam membantu agar artikel kita bisa terindeks lebih cepat.


Sementara ini cuma sekian dulu tips dan trik yang bisa saya berikan, jika nanti saya menemukan tips yang lain dan telah mecobanya pasti akan saya share lagi. Doakan saja saya tetap sehat, biar bisa terus bereksperimen dengan cintanya si google dan kemudian membagikannya

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook