my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Sunday, 1 September 2013

Guest Blogging

Guest Blogging Cara Brilian Berburu Pembaca
Bagi sebuah blog, terlebih bagi sang blogger itu sendiri, kehadiran pembaca yang berkunjung ke sebuah blog menjadi salah satu penentu eksistensi dan keberlangsungan blog tersebut. Umumnya seorang blogger pemula akan malas untuk meneruskan blognya jika tidak mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang cukup. Untuk mendapatkan pengunjung berbagai trik dilakukan oleh seorang blogger, mulai dari optimalisasi blog agar mudah dibaca search engine hingga berbagai promosi tanpa henti. Namun ada satu cara brilian yang selama ini luput dari perhatian blogger Indonesia yaitu guest blogging. Entah karena tidak sadar atau karena tidak tahu akan manfaat guest blogging, kebanyakan blogger Indonesia tidak memakai metode ini. Padahal jika kita bisa melakukan guest blogging dengan baik, kita bisa mendatangkan pembaca dalam jumlah yang sangat besar ke blog kita, dan bahkan kita bisa mendapatkan pembaca setia dari berbagai negara.
Apa sebenarnya guest blogging itu?
Secara sederhana dalam bahasa Indonesia, guest blogging biasanya diartikan sebagai penulis tamu. Jadi kita sebagai seorang penulis membuat sebuah tulisan untuk kemudian di publikasikan melalui blog atau situs milik orang lain. Beberapa blogger di Indonesia, terutama fulltime blogger, sudah mencoba menerapkan metode ini untuk meraup pembaca bagi blognya. Walau sekilas metode ini terlihat hanya menguntungkan bagi si pemilik blog yang mempublikasikan tulisan, namun ternyata metode ini mampu memberikan manfaat yang seimbang bagi kedua belah pihak. Bahkan google sendiri merekomendasikan metode ini dan dari info yang saya dengar google akan memberikan apresiasi yang lebih pada para blogger yang menjadi guest blogging.
Apa manfaat guest blogging bagi pemilik blog yang menerbitkan tulisan?
Setidaknya ada dua keuntungan utama yang bisa saya sampaikan. Pertama dengan guest blogging Anda bisa memberikan rasa dan prespektif berbeda dalam tulisan yang ada dalam blog Anda. Hal ini akan membuat pembaca Anda menjadi tidak bosan dengan artikel yang Anda publikasikan. Selain itu prespektif dari orang-orang yang mungkin lebih ahli dari Anda akan membuat kualitas tulisan atau artikel didalam blog Anda akan menjadi lebih baik sehingga akan membuat pembaca menjadi lebih puas dan tertarik untuk kembali berkunjung ke blog Anda.
Kedua dengan guest blogging kita sebagai pemilik blog bisa mengambil rehat dari aktifitas blogging yang cukup melelahkan tanpa harus meninggalkan blog kita dalam keadaan tampa update artikel. Kita sebagai seorang blogger pasti sangat memahami bahwa terkadang aktiftas membuat sebuah artikel terasa begitu menyiksa dan menjenuhkan. Namun kita biasanya tidak ingin meninggalkan blog kita tanpa ada update artikel sama sekali dan akhirnya kita justru terjebak dengan membuat artikel seadaanya hanya untuk mengejar setoran. Dengan adanya guuestblogging kita sebagai pemilik blog untuk sejenak bisa melimpahkan beban berat itu kepada penulis lain.
Bagaimana guest blogging memberikan keuntungan pada sang penulis?
Hal yang paling utama yang bisa didapatkan penulis dari aktifitas guest blogging adalah promosi dan membangun reputasi. Bagi sebuah blog kedua masalah ini adalah kunci utama untuk membangun image dan kredibilitas sebuah blog. Beberapa blogger menggambil jalan pintas untuk berpromosi dengan melakukan spam dan komentar tak berkualitas dengan harapan ada yang tertarik berkunjung ke blog mereka. Cara ini tidak sepenuhnya salah namun menurut Saya kurang bijak.
Dengan guest blogging, kita bisa melakukan promosi akan diri kita dan blog kita serta membangun reputasi secara baik. Dengan guest blogging, apalagi jika tulisan kita diterbitkan di blog yang memiliki banyak sekali pengunjung, kita tentu akan bisa menunjukan dengan cara yang tepat tentang seberapa besar kualitas kita dalam menulis artikel tentang suatu hal. Saat kita mampu membuat orang lain menyadari kualitas artikel kita maka dengan sendirinya mereka akan mencari artikel-artikel kita yang lain, bahkan tanpa kita perlu repot-repot melakukan promosi. Pembaca-pembaca seperti ini akhirnya akan menjadi pembaca loyal yang akan terus meramaikan blog kita dan mensuport kita untuk menulis.
Selain itu dengan melakukan guest blogging, sebagai blogger pemula kita bisa belajar tentang bagaimana cara menulis artikel dengan lebih berkualitas dan memperluas jaringan. Pemilik blog umumnya akan melakukan sedikit proses editing pada artikel dari penulis lain sebelum diterbitkan. Hal ini bukan untuk merusak atau mensensor isi artikel tersebut, hanya saja agar kualitas penulisan artikel itu setidaknya bisa sesuai dengan standar si pemilik blog. Dari sini kita bisa mengetahui dimana kelemahan kita dalam menulis dan pada akhirnya meningkatkan kemampuan menulis kita. Selain itu dengan menjadi guest blogging dari blog-blog diluar negeri kita akan bisa memperluas jaringan kita dan mendapat banyak keuntungan dari jaringan itu, baik keuntungan berupa pembaca atau keuntungan lainnya.
Bagaimana pengaruh guest blogging dimata google?
Dengan kapasitas google sebagai search engine nomor wahid di dunia dan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet, kita tentu harus mengakrabkan diri dengan si panda milik google jika ingin mendapatkan trafik dari mereka. Dulu, sebelum kemunculan si panda, google lebih mengutamakan blog-blog yang memiliki banyak artikel dalam menentukan ranking suatu blog atau situs. Hal ini memancing munculnya banyak sekali blog-blog copy paste yang hanya sekedar mengejar jumlah artikel tanpa memikirkan kualitas artikelnya.
Namun sejak kemunculan si panda, google kini menjadi lebih selektif dalam memberikan ranking terhadap suatu blog. Kualitas blog kita tidak hanya tergantung pada nilai PR, page ranking, tetapi secara perlahan google juga mulai memasukkan variabel AR, author rank, dalam logaritma si panda. Jadi selain berdasarkan kualitas si blog itu sendiri, google juga menilai berdasarkan kualitas si penulisnya. Jadi walaupun sebuah blog ramai dikunjungi orang akan tetapi jika hasil tulisannya hanyalah copy paste saja tentu tidak akan terlalu disukai oleh google. Google nampaknya akan lebih memprioritaskan pada blog-blog yang tidak terlalu ramai tapi artikelnya merupakan hasil karya si pemilik blog itu sendiri.
Dari info yang saya dapatkan, dalam menentukan kualitas seorang penulis google umumnya akan menilai dari sisi originalitas dan manfaat tulisan tersebut bagi orang lain, untuk aspek manfaat biasanya akan dilihat dari rasio perbandingan pembaca artikel dengan jumlah share dan like yang didapatkan. Selain itu, jika tulisan kita diterbitkan oleh sebuah blog atau situs yang mempunyai rating bagus dimata google, hal ini tentu akan mampu membuat nilai kita sebagai seorang penulis akan melonjak dimata google.
Yah dunia blog memang sesatu yang penuh dengan dinamika dan terus menerus berkembang. Blog yang awalnya dulu hanya bersifat pribadi dan hanya digunakan sebagai semacam buku harian atau jurnal kini telah berkembang menjadi sesuatu yang mampu mencerminkan eksistensi seseorang dan mungkin akan berkembang menjadi lebih penting lagi di kemudian hari. Namun ada satu yang pasti, kedepannya kualitas sebuah blog akan semakin dititik beratkan pada kualitas tulisan dan penulisnya. Jadi mari mulai merintis reputasi kita sebagai penulis agar blog kita bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Saya sendiri sekarang sedang mencoba menjadi guest blogging di beberapa blog luar negeri untuk memperluas jaringan dan pembaca blog Saya, plus mencoba menantang diri Saya untuk menjadi penulis yang lebih baik sehingga karya Saya bisa diakui dunia.

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook