my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Sunday, 1 September 2013

SEO dan SERP Apa Sih Itu?..




Setelah vacum dari dunia blog selama bertahun-tahun, sampe-sampe blog yang dulu pernah saya buat ambruk tidak bersisa (menghilang dari index google), akhirnya saya memberanikan diri untuk kembali terjun di dunia bloging. Hal pertama yang coba saya lakukan, setelah tentunya bkin blog, adalah mencari template atau tampilan yang mnurut saya bagus, menurut saya lowh jd ngk tahu kalau menurut yang lain. Akhirnya browsing-browsing d google nemu dah template yang bkin saya sreg, sambil iseng nunggu lowding yang lambat saya coba baca-baca komentar di bawah potingan template yang mau saya pakai, di situ saya nemuin beberapa kata yang baru bagi saya "SEO", "SERP" dan "HTML valid", yah maklumlah soalnya saya ngk punya background di bidang web.

Ok cukup sudah cerita pembukanya, now back to the topic. Apa itu SEO dan SERP? SEO alias search engine optimization, kalo bahasa Indonesianya kira-kira optimisasi mesin pencari, menurut saya secara gampangnya adalah suatu metode bagaimana caranya merombak blog kita sehingga blog kita (baik domain, postingan atau isi blog yang lain) dapat dengan mudah dibaca oleh mesin pencarian (google, yahoo, dll). Sedangkan SERP (searh engine result page) adalah posisi atau kedudukan situs kita pada halaman hasil pencarian sebuah mesin pencarian. Yah sederhananya ada di halaman berapa sih blog kita di hasil pencarian.

Ada banyak sekali metode dan cara yang disarankan oleh blogger untuk melakukannya, dari yang halal dan dibenarkan oleh google sampai cara-cara yang menurut saya bisa menyebabkan blog kita di suspend. Selain itu banyak juga situs-situs yang menawarkan cara mengecek seberapa SEO situs kita, sehingga bisa kita jadikan patokan untuk memperbaiki situs kita.

Tapi menurut saya ada beberapa hal yang sebenernya bisa jadi tolak ukur terhadap seberapa SEOnya situs kita. Yang pertama faktor internal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari situs kita sendiri serta faktor eksternal dari luar situs kita. Untuk faktor internal yang menurut saya pertama adalah susunan dari tag pada blog kita (h1, h2, h3 dst.). Susunan tag ini akan mempengaruhi bagaimana search engine membaca situs kita saat sedang mencari sebuah kata atau kalimat, usahakan untuk menyusun tag kita sebaik mungkin sehingga hal yang terpenting lah yang dibaca terlebih dahulu. Jangan sampai si search engine kesulitan menemukan kata tersebut hanya karena posisinya yang berada jauh di dasar tag kita.

Yang kedua adalah kualitas bahasa pemrogaman pada situs kita.Ada beberapa bahasa pemrogama yang dipakai saat membuat sebuah situs, tapi maaf saya ngk bsa sebutin karena saya juga ngk paham :=(. Yang paling sering dibaca oleh mesin tes SEO (ini tapi dari pengalaman pribadi) adalah HTML, css dan java script. Kualitas bahasa pemrograman yang baik akan berpengaruh terhadap kecepatan buka situs dan mencegah terjadinya eror saat situs dibuka.

Yang ketiga adalah penamaan dan pemberian keterangan pada link dan gambar dalam blog. Beneran ini ngaruh?? Sepertinya saya harus menjawab ya. Walaupun pengaruhnya kecil, penamaan dan pemberian keterangan pada link akan membantu mesin pencari dalam mengenali link dan gambar yang kita masukkan dalam blog.

Lanjut ke faktor eksternal, kalo ini kebanyakan dipengaruhi oleh faktor pagerank, popularitas, backlink dan yang lain-lain. Search engine umumnya akan lebih senang untuk mencari pada situs-situs yang memiliki trafic besar. Perbaikan terhadap faktor-faktor ini sebenarnya akan terselesaikan dengan sendiri seiring umur dan konten blog kita yang semakin baik. Tapi bagi beberapa orang ada yang memilih untuk melakukannya dengan instan melaluui cara-cara yang tidak dianjurkan oleh google. Efeknya??? Yah situs menjadi populer dalam sekejap, trafic meningkat dan kemudian bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Tapi apa itu cukup?? Segala sesuatu yang diraih dengan instan biasanya akan hilang  juga dengan cepat, ini juga berlaku pada situs. Saat situs kita jadi artis dadakan, tiba-tiba ngetop tapi tanpa punya isi yang bermutu bisa dipastikan situs kita akan cepat juga tenggelamnya. Akan lebih baik perlahan-lahan mencari popularitas, menjalin persahabatan dan mencari pembaca setia dengan menyajikan isi blog yang berkualitas pasti deh situs kita akan lebih awet.

Selain faktor-faktor di atas sebenarnya masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap SEO, akan tetapi menurut saya faktor di ataslah yang paling berpengaruh.Terus apa efeknya SEO dan SERP terhadap situs kita?? SEO dan SERP akan memberi jaminan yang lebih besar bahwa situs kita akan berumur panjang, analoginya begini, jika situs kita hanya muncul pada halaman ke 20 pada mesin pencarian terus siapa yang akan mengunjungi situs kita?? Lah kalo situs ngk ada yang mengunjungi, bukankah akhirnya situs itu akan mati suri atau malah di tutup karena si empunya jadi males bikin postingan :).

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook