my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Sunday, 1 September 2013

Tingkatkan Blog Dengan Webmaster

tingkatkan kinerja blog dengan google webmaster
Google webmaster merupakan sebuah program analisis web gratis yang dikembangkan oleh google untuk membantu para pemilik situs dalam memantau dan meningkatkan kinerja dari situsnya. Pada umumnya banyak orang menganggap dengan mendaftarkan blog pada google webmaster akan membantu mempercepat terindeksnya isi blog. Yah pendapat ini bisa benar tapi bisa juga tidak, tergantung seberapa bijak anda memanfaatkan google web master. Berikut ini beberapa panduan singkat tentang cara meningkatkan kinerja blog dengan google web master.
1. Mengecek Malware
Malware (Malicious Software) adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki suatu tujuan tertentu (biasanya tujuannya tidak baik) dan umumnya membobol software atau OS melalui script tersembuyi yang disisipkan oleh pembuatnya. Ada banyak sekali jenis-jenis malware seperti virus, trojan, worm dan lain sebagainya.
Lantas apa ruginya jika pada blog kita ternyata terdapat malware di dalamnya?? Pada komputer atau hardware lainnya yang telah terinstal program anti malware, maka blog kita secara otomatis tidak akan bisa dibuka atau minimal blog kita akan terdeteksi sebagai situs yang berbahaya. Hal ini tentu saja akan membuat pengunjung merasa takut untuk mengunjungi blog kita.
2. Mempercepat Artikel Atau Post Terindeks
Pernah tidak anda mengalami artikel atau posting anda setelah berhari-hari tidak juga terindeks oleh google? Sudah melakukan ping ke google tetapi artikel itu belum juga muncul di google. Kalau saya pernah mengalaminya dan syukurlah saya sudah menemukan solusinya.
Pada google webmaster ada sebuah fitur bernama sitemap (kalau pake bahasa Indonesia peta situs). Fitur ini bekerja dengan cara mengirimkan sitemap dan feed dari blog kita ke google. Menurut pengalaman saya, dengan fitur ini artikel yang kita buat akan segera terindeks oleh google, paling lama sekitar 5 jam setelah kita melakukan pengiriman sitemap dan feed.
Untuk mengirimkan alamat feed dan sitemap kita ke webmaster ikuti aja langkah-langkah berikut ini.
a. Buka google webmaster (di sini saya berasumsi bahwa anda telah memiliki akun di google webmaster jadi saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun di google webmaster).
b. Pada halaman Beranda pilih blog yang akan anda kirimkan sitemap-nya.
c. Pilih tab Pengoptimalan (letaknya di sebelah kiri) lalu pilih Peta Situs.
d. Selanjutnya google webmaster akan menunjukan peta situs yang sebelumnya pernah anda masukkan berikut penjelasan tentang jumlah halaman yang telah dikirim dan jumlah halaman yang telah terindeks. Untuk memasukkan peta situs baru pilih Tambahkan/Uji Peta Situs (tombol berwarna merah di kanan atas). Maka akan muncul sebuah kolom isian yang meminta anda memasukkan nama peta situs anda. Ada tiga jenis peta situs (ini yang saya tahu) yang dapat anda gunakan di sini yang pertama feed untuk menggunakannya masukkan url berikut "/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc" (masukkan tanpa tanda petik). Kedua atom untuk menggunakannya masukkan url berikut "/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500". Dan yang terakhir sitemap untuk menggunakannya masukkan url ini "/sitemap.xml". Setelah itu pilih Mengirim Peta Situs.
Sampai di sini pendaftaran peta situs anda sudah berhasil, tinggal menunggu proses pengecekan oleh google webmaster. Oh ya untuk jenis peta situs yang digunakan masukkan saja ketiga-tiganya, siapa tahu ada eror pada salah satu peta situs maka artikel anda akan terindeks dengan peta situs yang lain. Satu lagi, ada sedikit kelemahan dari sistem ini, yaitu bekerja dengan sistem semiotomatis (kecuali pada /sitemap.xml) jadi anda harus memperbaharui secara manual setiap kali ada artikel baru (untuk blog yang update banyak artikel dalam satu hari saya sarankan untuk mengupdate peta situs pada malam hari saja, ketika anda merasa tidak akan memasukkan artikel lagi). Cara updatenya masuk pada bagian peta situs, pilih peta situs yang akan diupdate dengan klik pada nama peta situsnya, lalu terakhir pilih kirim ulang peta situs.
3. Mengecek Url Yang Rusak Dan Mencegahnya Terindeks
Ada banyak sekali penyebab munculnya url yang tidak valid ini pertama karena proses pengeditan isi artikel yang telah diterbitkan sehingga membuat alamat url-nya berubah, kedua cara penulisan url yang salah dan masih banyak penyebab yang lainnya.
Untuk mengecek url yang rusak anda tinggal masuk ke webmaster, plih blog yang akan anda cek, lalu pilih kesehatan dan terkhir pilih kesalahan perayapan. Selanjutnya google webmaster akan menunjukkan sebuah grafik dan daftar dari url anda yang rusak. Jika ada url anda yang rusak maka silahkan unduh atau catat nama-nama url yang rusak tersebut untuk selanjutnya akan kita cegah untuk terindeks.
Untuk mencegah terindeksnya url ini silahkan mengikuti langkah di bawah ini.
a. Buka google webmaster
b. Pilih blog anda.
c. Pilih tab Pengoptimalan di sebelah kiri lalu pilih Hapus Url.
d. Pindah ke sebelah kanan, pilih Buat Permintaan Penghapusan Baru.
e. Masukan alamat url yang ingin anda hapus, lalu pilih Terus.Selanjutnya anda akan dimintai konfirmasi untuk melanjutkan atau membatalkan penghapusan ini pilih Kirim Permintaan.
f. Anda selanjutnya akan dikembalikan ke halaman awal penghapusa url, silahkan lanjutkan penghapusan url yang lain dengan cara yang sama.
Sekarang anda hanya tinggal menunggu google webmaster menghapus url tersebut. Oh iya ada yang lupa, setelah menghapus url silahkan anda kembali ke bagian kesalahan perayapan. Centang semua alamat url yang muncul lalu pilih Tandai Sebagai Telah Diperbaiki. Hal ini agar google webmaster mengetahui bahwa anda telah memperbaiki url tersebut dan tidak memunculkannya lagi saat anda memriksa blog anda di lain hari.
Sekian dulu artikel tentang pemanfaatan google webmaster untuk meningkatkan kinerja blog. Mohon maaf saya tidak bisa menyertakan screenshot karena saya harus buru-buru bekerja. Kalau ada langkah-langkah yang anda kurang paham silahkan tuliskan saja di bagian komentar, insyaallah nanti saya bantu.

0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook