my blogger
Powered by Blogger.

music

About Me

My photo
saya reza purbaya orangnya homoris dan serius apabila serius

Translate

Paling Hits

sederhana banyak cinta

Tuesday, 5 April 2016

Mereset Password Windows (seven)



Cara Mereset Password di Windows 7


Abstrak 

Kata sandi (Inggris: password atau pass phrase) adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multi user) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Kata sandi juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal. Password sangatlah penting untuk menjaga & melindungi setiap privacy kita dari orang-orang yang ingin berbuat jahil maupun yang ingin berbuat jahat kepada kita. Namun, saat kita lupa password yang kita gunakan, hal ini  malah merepotkan & membuat kita pusing sendiri.

Kata Kunci: Password, Reset, Sistem Operasi, Windows 7

Pendahuluan

Bila di ibaratkan, laptop sama seperti kawasan perumahan dimana setiap rumah di perumahan tersebut pasti memiliki barang berharga. Dan disetiap perumahan pasti ada petugas keamanan yang menjaga, yang bertujuan untuk mencegah pencurian & hal criminal lainnya. Begitu juga dengan password, merupakan salah satu prosedur keamanan untuk menjaga data kita agar tidak dicuri atau untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Tetapi, disetiap diri manusia pasti memiliki factor lupa. Dan inilah salah satu penyebab yang membuat diri kita sendiri lupa akan password yang kita gunakan. Sehingga kita sendiri tidak bisa mengakses data atau masuk ke Sistem Operasi kita. Dan maksud serta tujuan dari artikel ini yaitu untuk membantu kita yang lupa password windows 7 kita agar bisa menggunakan kembali computer kita sebagaimana mestinya.

Pembahasan

Baik, kita mulai saja pembahasannya. Yang harus kita lakukan yaitu:

1. Menyalahkan computer kita.

2. Masuk ke menu BIOS, lalu atur Pada Boot Device Priority, ubah First Boot Device nya menjadi CD ROM atau USB untuk yang menggunakan flash disk dan second Boot Device nya menjadi Harddisk (HDD)

3. Masukan DVD/CD/FLASHDISK Instalasi SO windows seven (7) ke computer dan restart computer jika sudah.

4. Ketika muncul perintah press any key di monitor anda, tekan lah sembarang tombol pada keyboard anda untuk memulai proses instalasi. (tunggu sebentar, karena Komputer atau PC anda sedang dalam proses pembacaan file.

5. Setelah muncul gambar seperti dibawah ini, klik lah repair your computer.

6. Kemudian akan muncul jendela “System recovery options” pilih sistem operasinya dan kemudian klik tombol “Next”

7. Kemudian akan muncul beberapa menu pilihan, klik menu “Command Prompt”

8. Nah setelah jendela command prompt terbuka, disini kita akan menyalin terlebih dahulu program “Sticky Keys” yaitu file sethc.exe ke tempat lain. dimana program “Sticky Keys” ini akan otomatis dijalankan jika kita menekan tombol “Shift” sebanyak 5x berturut-turut Ketik perintah berikut di jendela command prompt: copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\
Catatan: Sesuaikan partisi windows jika tidak berada di drive c:

9. Kemudian ganti program sethc.exe dengan cmd.exe (Program Sticky keys kita manipulasi menjadi Command Prompt!) Dengan mengetik perintah berikut di jendela command prompt: 
copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe

Sesuaikan partisi windowsnya jika tidak berada di drive c:

10. Setelah selesai, tutuplah jendela Command prompt dan klik tombol “Restart” atau bias juga ctrl+alt+delete, misalnya tidak bisa tekan tombol power pada cpu sampai mati lalu tekan tombol power lagi untuk menghidupkan kembali. Tapi, Jangan lupa Keluarkan/cabut CD/DVD/Usb flahsdisk dari computer / laptop anda. 11. Setelah windows di restart atau dinyalakan ulang maka muncul layar login. Dimana untuk memasukkan password supaya anda bisa masuk ke windowsnya, tekan lah tombol “Shift” sebanyak 5x berturut-turut, kemudian Jendela Command Prompt dengan hak akses admin akan terbuka.

12. Nah, sekarang tinggal kita reset aja password windowsnya dengan cara mengetikkan perintah seperti dibawah ini: net user PURBAYA passbarusaya Jika nama user nya lebih dari satu kata tinggal ditambah tanda dua kutip (“) diantara nama usernya, Contoh: net user “PURBAYA” passbarusaya

13. Catatan: PURBAYA adalah nama usernya dan passbarusaya adalah password barunya, sesuaikan di komputer anda. 14. Kalau sudah selesai, tutuplah jendela command prompt nya dan login ke nama user tadi dengan password baru yang baru kita reset tadi. Sekarang setiap kali kita menekan tombol “Shift” sebanyak 5x maka yang muncul adalah command prompt dan bukannya program Sticky Keys nya windows, untuk mengembalikannya cukup ketik perintah seperti dibawah ini: copy c:\sethc.exe c:\windows\system32\sethc.exe


0 komentar

Post a Comment

Lencana Facebook