Penyakit pada SAluran Pernafasan

Penyakit pada SAluran Pernafasan

Kelainan dan Penyakit pada Saluran Pernapasan


Macam-Macam kelainan dan penyakit pada saluran pernapasan :
1. Selesma
    Selesma adalah suatu keadaan dimana rongga hidung terisi dengan lendir. ingus mengalir, bersin-bersin, dan radang tenggorokan juga sering terjadi. selesma disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan atas.
2. Influenza
    Influenza ditandai dengan hidung beringus, bersin-bersin, tenggorokan meradang, sakit kepala, demam, otot terasa sakit dan lelah. influenza disebabkan oleh virus pada saluran pernapasan atas.
3. Bronkitis
    Bronkitis adalah peradangan pada lapisan dinding bronkus(cabang tenggorokan) yang disebabkan oleh infeksi virus. peradangan ini menimbulkan batuk yang dalam dan menghasilkan dahak abu-abu kekuning-kuningan dari paru-paru.
4. Asma
    Asma disebabkan otot-otot bronkiolus berkontraksi terlalu kuat sehingga udara sulit mencapai paru-paru. asma merupakan penyakit keturunan, dan tidak menular. penyebab atau pemicu penyakit asma umumnya karena reaksi alergi terhadap kondisi lingkungan, misalnya debu, bahan-bahan kimia, serbuk sari, jamur, hawa dingin, dan serpihan kulit mati dari hewan
5. Tuberkolosis(TBC)
    Tuberkolosis(TBC) adalah penyakit yang menyerang paru-paru sehingga pada bagian dalam alveolus terbentuk bintil-bintil. TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tubercolosis.
6. Pneumonia
    Pneumonia adalah suatu peradangan pada paru-paru, khususnya pada alveolus. yang di sebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. akibat peradangan itu, alveolus dipenuhi nanah, lendi, atau cairan lainnya sehingga oksigen sulit mencapai aliran darah.
7. Pleuritis
    Pleuritis adalah peradanga pada selaput pembungkus paru-paru(pleura). peradangan ini biasanya timbul akibat infeksi dari paru-paru atau organ lain yang berdekatan dengan paru-paru. akibat peradangan ini, terdapat cairan yang berlebihan pada pleura sehingga penderitanya akan merasa nyeri pada dada ketika bernapas.

Gambar diatas adalah seorang ilmuan dari jerman ia adalah Robert Koch(1848-1910)
ia adalah penemu bakteri penyebab penyakit tuberkolosis, difteri, tipus, dan radang tenggoroka.
 Sumber: http://biologilesson.blogspot.com/2012/11/penyakit-dan-kelainan-pada-saluran.html?showComment=1353888379134#c5316836161064139644 

TAMU