Google Jatuh Cinta Pada Blog Kita

Google Jatuh Cinta Pada Blog Kita
agar google jatuh cinta pada blog kita bagian pertama
Biasanya jam segini saya sudah tidur dengan pulas. Maklumlah saya sekarang jarang banget bergadang, selain karena tidak bagus buat kesehatan bergadang juga dilarang sama bang Rhoma kalo tidak ada artinya hehehe.. Yah biar bergadang saya ini ada artinya saya buka aja laptop dan bikin postingan di blog.
Kali ini saya akan membagikan tips dan trick untuk membuat blog kita lebih di cintai sama mbah Google yang pernah saya janjikan. Tips dan trick ini sudah saya praktekkan dalam beberapa artikel saya. Dan hasilnya lumayan memuaskan, beberapa artikel saya duduk di halaman pertamanya si mbah Google walaupun blog ini belum genap satu bulan dan hanya punya 2 backlink (itu juga menurut si manis alexa, klo menurut webmaster atau situs pengecek backlink lainnya blog ini blom punya backlink). Ok ini dia tips yang saya praktekan di blog ini, monggo di simak.
1. Pilih template sudah mendukung H1, H2 dan H3 yang terstruktur.
Seperti yang sudah pernah saya sampaikan dalam bahasan soal SEO dan SERP, tag yang terstruktur akan membantu mesin pencari google lebih mudah dalam mencari artikel dalam blog kita. Jika memungkinkan dan anda memang mengerti gunakanlah template yang menggunakan tag dengan sistem dinamis, jadi tag H1 dari blog kita akan berubah-ubah sesuai dengan bagian atau halaman apa yang dibuka, bukannya selalu nama blog kita yang menjadi H1-nya. Dengan demikian maka saat google mencari suatu judul artikel maka judul artikel kita yang paling sesuailah yang akan langsung terbaca.
2. Buat alamat url artikel berisi kata-kata kunci.
Ketika kita membuat sebuah artikel, alamat url artikel kita akan berisi kata-kata yang kita masukkan sebagai judul artikel dengan maksimal sebanyak 40 karakter/huruf (kalau saya tidak salah ingat, tapi jumlah pastinya tidak jauh dari itu kok hahaha...). Jadi saat kita membuat artikel pada saat pertama mempublikasikannya gunakan kata-kata kunci saja sebagai judul artikel (tapi kalau judul artikelnya pendek metode ini bisa dilewatkan). Misalnya artikel saya yang berjudul "Pemerintah AS Selidiki 550.000 Pontiac G6". Judul ini panjangnya lebih dari 40 karakter (ingat spasi dihitung juga yah), maka saya memilih untuk mengambil kata-kata yang menurut saya paling penting dan menjadikannya judul awal yaitu "AS Selidiki Pontiac G6", maka url artikel saya menjadi "http://tobeeinspired.blogspot.com/2013/02/as-selidiki-pontiak-g6.html". Setelah saya publikasikan baru saya edit judulnya menjadi judul yang saya inginkan.

Apa untungnya metode ini?? Url adalah salah satu bagian dari blog yang paling awal dibaca oleh google, jadi saat kita memasukkan semakin banyak kata kunci yang sesuai di dalamnya nilai kesesuaian artikel dengan pencarian akan semakin besar sehingga artikel kita akan di tampilkan pada halaman awal.

3. Setting waktu pembacaan/pengideksan blog secara otomatis oleh google sesuai dengan jadwal update artikel anda.

Coba cek di template anda, ada apa tidak tulisan ini <meta content='1 days' name='revisit-after'/>. Tau apa tidak fungsi meta tag ini?? Kalo tidak biar saya jelaskan secara singkat, meta tag ini berfungsi untuk mengatur seberapa sering blog atau web kita diindeks. Sesuaikan angka harinya dengan seberapa sering anda mengupdate artikel. Hal ini bertujuan agar google tidak sia-sia bersusah payah mengindeks blog kita tanpa menemukan adanya perubahan apapun. Anggaplah google seperti tamu, bagaimana jika anda menyuruh ia datang tiap hari kerumah anda tapi tidak ada apapun untuk dilihatnya, pastilah tamu tersebut (dalam hal ini si google) akan merasa marah dan malas untuk berkunjung lagi.

Oh ya karena berkaitan sekalian saya bahas soal meletakkan tombol ping di blog kita. Tombol ping berfungsi untuk memberitahukan google atau situs lain yang kita ping bahwa telah ada perubahan di blog kita. Pernah tidak menemukan blog yang memasang tombol ping sebagai widget?? Lalu pernah tidak anda penasaran dan memencet tombol itu (kalau saya malah sengaja saya tekan terus-terusan hahahaha....)?? Kalau satu orang saja yang menekan masih tidak apa-apa, bagaiman kalau 10, 100 atau seribu orang yang menekan, bisa-bisa blog anda akan di cap sebagai blog spam. Kalau itu sampai terjadi bersiaplah anda akan dimusuhi oleh search engine.


Sebenernya masih ada beberapa tips lain yang mau saya bagikan, tapi karena sudah hampir tengah malam dan besok pagi saya masih ada kerjaan ceritanya di sambung di lain waktu saja. So sampai jumpa di kisah selanjutnya hahaha....

TAMU